Sabtu, 26 Maret 2016

ancaman berbuat riba


قَالَ اللهُ تَعَالَى: úïÏ%©!$# tbqè=à2ù'tƒ (#4qt/Ìh9$# Ÿw tbqãBqà)tƒ žwÎ) $yJx. ãPqà)tƒ Ï%©!$# çmäܬ6ytFtƒ ß`»sÜø¤±9$# z`ÏB Äb§yJø9$# 4 y7Ï9ºsŒ öNßg¯Rr'Î/ (#þqä9$s% $yJ¯RÎ) ßìøt7ø9$# ã@÷WÏB (#4qt/Ìh9$# 3 ¨@ymr&ur ª!$# yìøt7ø9$# tP§ymur (#4qt/Ìh9$# 4 `yJsù ¼çnuä!%y` ×psàÏãöqtB `ÏiB ¾ÏmÎn/§ 4ygtFR$$sù ¼ã&s#sù $tB y#n=y ÿ¼çnãøBr&ur n<Î) «!$# ( ïÆtBur yŠ$tã y7Í´¯»s9'ré'sù Ü=»ysô¹r& Í$¨Z9$# ( öNèd $pkŽÏù šcrà$Î#»yz ÇËÐÎÈ ß,ysôJtƒ ª!$# (#4qt/Ìh9$# Î/öãƒur ÏM»s%y¢Á9$# 3 ª!$#ur Ÿw =Åsム¨@ä. A$¤ÿx. ?LìÏOr& ÇËÐÏÈ
Artinya: “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat): Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya mau’idhoh dari Tuhan-Nya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Dan orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: اِجْتَنِبُوْا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ، قَالُوْا: يَا رَسُولَ اللهِ وَمَا هُنَّ؟ قَالَ: اَلشِّرْكُ بِاللهِ، وَالسِّحْرُ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللهُ إِلاَّ بِالْحـَقِّ، وَأَكْلُ الرِّبَا، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ، وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ، وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلاَتِ (متفق عليه ورواه أبو داود والنسائي)
Dan diriwayatkan dari sayyidina Abi Huroiroh rodhiyallohu 'anhu dari Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam beliau bersabda: “Jauhilah kalian semua dari tujuh hal yang merusak”. Para Shohabat berkata: Apa itu wahai Rosulalloh? Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: “(7 hal itu adalah) menyekutukan Alloh, sihir, membunuh orang yang telah diharamkan Alloh untuk dibunuh kecuali dengan haknya, memakan harta riba, memakan harta anak yatim, berpaling dari medan perang ketika berperang dan menuduh zina perempuan yang terjaga (harga dirinya), beriman dan tak pernah ingat untuk berbuat zina”. (Muttafaqun ‘alaih, juga diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan Imam Nasa’i)
وَعَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: لَعَنَ رَسُولُ اللهِ  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ (رواه مسلم والنسائي زاد الترمذي وغيره كأحمد وأبي داود وابن ماجه وابن حبان: وَشَاهِدَيْهِ، وَكَاتِبِهِ)

Dan diriwayatkan dari sayyidina ibnu Mas’ud rodhiyallohu 'anhu beliau berkata: Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam melaknat orang yang memakan harta riba dan orang yang memberikan harta riba”. (HR. Imam Muslim dan Imam Annasa’i. Imam Tirmidzi dan lain-lain seperti Imam Ahmad, Imam Abu Dawud, Imam Ibnu Majah dan Imam Ibnu Hibban menambahkan: ..dan kedua orang yang menyaksikan riba dan yang menulis riba).

Sumber : Kitab fathul Qarib 

Tidak ada komentar: