Jumat, 25 Maret 2016

ANJURAN UNTUK BERSYUKUR

  ANJURAN UNTUK BERSYUKUR


قَالَ اللهُ تَعَالَى: (#rãà6ô©$#ur |MyJ÷èÏR «!$# bÎ) óOçFZä. çn$­ƒÎ) tbrßç7÷ès?
Artinya: “Dan syukurilah nikmat Allah, jika hanya kepada-Nyalah kamu menyembah”. (QS. Annahl: 114)
وَقَالَ تَعَالَى: ûÈõs9 óOè?öx6x© öNä3¯RyƒÎV{
Artinya: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami menambah (nikmat) kepadamu ". (QS. Ibrahim: 7)

وَعَنْ  عَبْدِ  اللهِ  بْنِ  عُمَرَ  رَضِيَ  اللهُ  عَنْهُمَا  قَالَ:  قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنِ اسْتَعَاذَ بِاللهِ فَأَعِيذُوهُ وَمَنْ سَأَلَكُمْ بِاللهِ فَأَعْطُوهُ وَمَنِ اسْتَجاَرَ بِاللهِ فَأَجِيرُوهُ وَمَنْ أَتَى إِلَيْكُمْ مَعْرُوفاً فَكَافِئُوهُ فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ بِهِ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَعْلَمُوا أَنْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ (رواه أبو داود والنسائي واللفظ له وأحمد وابن حبان والحاكم وقال: صحيح على شرطهما)
Dan diriwayatkan dari sayyidina Abdillah bin Umar rodhiyallohu ‘anhuma beliau berkata: Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa memohon perlindungan dengan asma Alloh maka lindungilah. Barang siapa meminta kepada kalian dengan asma Alloh maka berikanlah. Barang siapa meminta diberi perlindungan maka lindungilah dan jika ada orang memberi kebaikan kepada kalian maka balaslah ia, jika kalian tidak mempunyai sesuatu untuk membalasnya maka doakanlah ia dengan kebaikan sampai kalian benar-benar yakin telah membalasnya”. (HR. Imam Abu Dawud dan Imam Nasa’i dengan lafadznya dan Imam Ahmad, Imam Ibnu Hibban serta Imam Alhakim, beliau berkata: shohih menurut keduanya)

وَعَنْ أُسَامَة بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ: جَزَاكَ اللهُ خَيْراً فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ عَلَيْهِ (رواه الترمذي وقال: حديث حسن غريب والنسائي وابن حبان)
Dan diriwayatkan dari sayyidina Usamah bin Zaid rodhiyallohu ‘anhuma beliau berkata: Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa yang diberi kebaikan oleh orang lain kemudian dia berkata kepadanya: “semoga engkau dibalas Alloh ta'ala dengan balasan yang lebih baik”..maka sungguh dia telah memuji setinggi-tingginya”. (HR. Imam Tirmidzi, beliau berkata: Ini hadits yang hasan dan ghorib. Dan Imam Annasa’i serta Imam Ibnu Hibban)


وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
لاَ يَشْكُرُ اللهَ مَنْ      لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ (رواه الترمذي وقال: صحيح وأبو داود وأحمد وابن حبان)    
Dan diriwayatkan dari sayyidina Abi Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu dari Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam beliau bersabda: “Tidak disebut bersyukur (berterima kasih) kepada Alloh orang yang tidak bersyukur kepada manusia”. ((HR. Imam Tirmidzi, beliau berkata: Ini hadits shohih, dan Imam Abu Dawud, Imam Ahmad dan Imam Ibnu Hibban)
Sumber: Kitab fathul qarib


Tidak ada komentar: